Wednesday, February 8, 2023

Penyakit Bulai pada Jagung dan Cara Pencegahannya


 

Jagung adalah salah satu bahan pangan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Jagung digunakan sebagai bahan baku pangan, bahan baku pakan ternak, bahan baku industri, dan bahan baku bioenergi. Namun, jagung juga rentan terkena penyakit, salah satunya adalah penyakit bulai.


Penyakit bulai pada jagung adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu produksi jagung. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan yang berkembang pada tanaman jagung dan dapat menyebar dengan cepat. Penyakit bulai dapat menyebar melalui udara, air hujan, dan juga melalui alat pertanian seperti sapu, cangkul, dan sebagainya.

Gejala Penyakit Bulai pada Jagung

Gejala dari penyakit bulai pada jagung antara lain adalah munculnya bulai-bulai kecil pada batang dan daun jagung. Bulai-bulai ini awalnya berwarna putih, namun setelah beberapa waktu akan berubah menjadi coklat atau hitam. Bulai-bulai ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi jagung.

Penyebab Penyakit Bulai pada Jagung

Penyakit bulai pada jagung disebabkan oleh cendawan yang berkembang pada tanaman jagung. Cendawan ini dapat berkembang dengan cepat dan menyebar melalui udara, air hujan, dan alat pertanian. Cendawan ini juga dapat hidup pada tanah dan bahan organik seperti daun jagung yang sudah mati.

Cara Pencegahan Penyakit Bulai pada Jagung

Berikut adalah beberapa cara pencegahan penyakit bulai pada jagung: 

  1. Menanam jagung pada waktu yang tepat. Jagung harus ditanam pada waktu yang tepat sehingga tanaman tidak terkena air hujan dan cendawan tidak dapat berkembang.
  2. Menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan sekitar lahan jagung harus dalam keadaan bersih dan tidak terdapat bahan organik seperti daun jagung yang sudah mati.
  3. Menjaga kebersihan alat pertanian. Alat pertanian seperti sapu, cangkul, dan sebagainya harus dalam keadaan bersih dan tidak terkontaminasi oleh cendawan.

No comments:

Post a Comment